Selasa, 30 Agustus 2016

Gokart dan Sirkuitnya


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
Menyimak info sekitar Gokart sebagai Bagian dari Olah
Raga Balapan)
______________________________________________________








_________________

Kata Pentar
_________________


"Kecepatan gokar sangat bervariasi dan beberapa (disebut
Superkart) dapat mencapai kecepatan melebihi 260 km/jam".

Demikian gambaran kecepatan Gokart ini para kawan sekalian,
yang dengan sendirinya jika dipacu di dalam sirkuit lomba
dan bukan di Taman Hiburan.

Berikut info lengkapnya.

...dan...

Selamat menyimak...!

_______________________________

Sekilas info tentang Gokart
_______________________________










* Pengertian

Gokart adalah varian dari kendaraan roda empat atap terbuka
sederhana dan kecil untuk olahraga motor. Gokar biasanya
berpacu di sirkuit skala kecil.

Balapan gokar biasanya dianggap sebagai batu loncatan
untuk olahraga motor yang lebih tinggi dan lebih mahal.

Kecepatan gokar sangat bervariasi dan beberapa (disebut
Superkart) dapat mencapai kecepatan melebihi 260 km/jam,
sementara gokar yang dimaksudkan untuk masyarakat umum
di taman hiburan mungkin terbatas pada kecepatan yang
tidak lebih dari 24 km/jam. Sebuah Kf1 kart, dengan
mesin 125 cc 2-langkah dan berat keseluruhan termasuk
pengemudi yang terdiri dari 150 kilogram memiliki
kecepatan tertinggi 137 km/jam. Dibutuhkan waktu 3 detik
lebih sedikit untuk kecepatan 0-96 km/jam dengan 125 cc
shifter kart (6 gigi), dengan kecepatan tertinggi
185 km/jam pada rangkaian panjang.


* Sejarah








Art Ingels secara umum diterima menjadi ayah dari gokar.
Seorang pembangun kendaraan khusus dan kendaraan balap
bernama Kurtis Kraft, ia membangun kart pertama di California
Selatan pada tahun 1956. [3] gokar telah cepat menyebar ke
negara-negara lain, [4] dan saat ini memiliki berikut
besar di Eropa.

Produsen kart pertama adalah perusahaan Amerika, Go Kart
Manufacturing Co (1958). McCulloch adalah perusahaan pertama,
pada 1959, untuk memproduksi mesin untuk karts.

Pertama mesin, McCulloch MC-6, adalah diadaptasi gergaji
mesin 2-stroke. [5] Kemudian, pada 1960-an, mesin sepeda
motor juga disesuaikan dengan kart digunakan, sebelum
dipersembahkan produsen, terutama di Italia (IAME) (AKA
Komet ), mulai membangun mesin untuk olahraga.

* Komponen









1. Rangka

Rangka gokart terbuat dari tabung baja . Tidak ada suspensi
Oleh karena itu rangka harus cukup fleksibel untuk bekerja
sebagai suspensi dan cukup kaku untuk tidak pecah atau memberi
jalan pada tikungan. rangka Kart diklasifikasikan di Amerika
Serikat sebagai 'Open', 'Caged', 'Straight' atau 'Offset'.
Semua rangka yang disetujui oleh CIK-FIA adalah 'Straight'
dan 'Open'.

Open roll karts tidak memiliki kandang.
Caged karts memiliki kandang gulung mengelilingi pengemudi
yang sebagian besar digunakan pada trek tanah.

Dalam rangka Traight sopir duduk di tengah. chassis
straight digunakan untuk balap sprint.

Dalam rangka Offset pengemudi duduk di sisi kiri. rangka
offset digunakan untuk balapan hanya berberbelok kiri
speedway racing.








Kekakuan dari rangka memungkinkan karakteristik penanganan
yang berbeda untuk situasi yang berbeda. Biasanya, untuk
kondisi kering rangka lebih keras lebih baik, sedangkan
di basah atau kondisi licin (traksi minimum) lainnya,
rangka yang lebih fleksibel dapat bekerja lebih baik.
rangka terbaik memungkinkan untuk batang penegak kaku
ditambahkan atau dihilangkan di bagian belakang, depan
dan samping sesuai dengan kondisi balapan.

Pengereman dicapai oleh rem cakram yg dipasang pada poros
belakang. Rem cakram depan semakin populer, namun di
kelas-kelas tertentu tidak diizinkan.

gokart untuk profesional biasanya memiliki berat 75-79 kg,
lengkap tanpa sopir. Avanti, Tony Kart, Trulli, Birel, CRG,
Gillard, Intrepid, Kosmic, Zanardi atau FA Kart adalah
beberapa contoh terkenal dari sekian banyak produsen rangka
Eropa berkualitas. Margay adalah perusahaan Amerika yang
memproduksi rangka kart.

2. Mesin









go-kart Taman hiburan dapat ditenagai oleh mesin 4-langkah
atau motor listrik, sedangkan gokart balap menggunakan
mesin 2-langkah kecil atau 4-langkah.

go-kart listrik berbiaya pemeliharaan rendah, hanya membutuhkan
baterai timbal-asam dari mobil yang dipasang setelah disii
dayanya. Karena mesin jenis ini bebas polusi dan tidak
mengeluarkan asap, sirkuitnya dapat diletakan dalam ruangan
tertutup. Sebuah gokart listrik yang dayanya terisi penuh
dapat menjalankan lebih dari 20 menit sebelum turun kinerjanya.

    Mesin gokart 2-langkah dikembangkan dan dibangun oleh
produsen yang khusus memproduksi mesin jenis ini. Comer,
IAME (Parilla, Komet), TM, Vortex, Titan, REFO, Yamaha dan
Rotax adalah produsen2 mesin jenis ini. Mesin ini berdaya
sekitar 8 tenaga kuda untuk mesin satu-silinder 60 cc
(MiniROK buatan Vortex) hingga 90 tenaga kuda untuk 250 cc
dua silinder. Saat ini, kategori yang paling populer di
seluruh dunia adalah unit Touch-dan-go (TAG ) 125 cc .


mesin Kf1 125 cc baru-baru ini dibatasi secara elektronik
pada putaran mesin 16.000 rpm. Saat ini kebanyakan mesin
adalah berpendingin air , namun sebelumnya mesin berpendingin
udara yang mendominasi olahraga ini.










Mesin 4-langkah berpendingin udara berbasis mesin standar
industri , kadang-kadang dengan sedikit modifikasi, berdaya
dari sekitar 5-20 hp. Briggs & Stratton, Tecumseh, Kohler,
Robin, dan Honda adalah produsen2 mesin jenis ini. Mesin-
mesin produksi mereka memadai untuk balap dan menyenangkan
dalam aplikasinya ke go-kart. Ada juga mesin 4 langkah
lebih kuat yang tersedia dari produsen seperti Yamaha,
TKM, Biland atau Aixro (Wankel engine) , berdaya dari 15 tk
hingga 48 tk. Mesin ini mampu mencapai putaran mesin sekitar
11.000 rpm dan dibuat khusus untuk karting. Mereka digunakan
dalam beberapa kelas Kejuaraan Nasional seperti mesin
dua langkah.

Mendengarkan bunyi mesin 2 langkah gokart - direkam di
Kejuaraan Dunia 2006 di Angerville - Perancis
Transmisi

GoKart tidak memiliki diferential. Tidak adanya diferential
berarti bahwa salah satu ban belakang harus tergelincir saat
menikung, hal ini bisa dicapai dengan merancang rangka
sehingga dapat mengangkat sedikit ban belakang bagian
dalam ketika kart menikung . Hal ini memungkinkan ban
kehilangan sebagian dari cengkeraman dan tergelincir
atau mengangkat dari tanah sepenuhnya.

Daya disalurkan dari mesin ke as roda belakang melalui
rantai (beberapa penyewaan menggunakan sabuk). Baik
puli mesin dan poros bisa dilepaskan, rasio mereka bisa
disesuaikan sesuai dengan konfigurasi sirkuit untuk
mendapatkan hasil maksimal.

Pada awal perkembangan gokart, daya akan langsung
diteruskan ke roda, tapi untuk menutup beberapa
ketidaknyamanan maka segera digunakan kopling sentrifugal.

Kopling sentrifugal kering kini digunakan dalam banyak
kategori (Rotax Max adalah salah satu contoh) dan telah
menjadi sesuatu yang jamak ketika bagian kelas atas
internasional harus beralih ke mesin 125 cc berkopling
pada Januari 2007.

3. Ban










Roda dan ban yang digunakan jauh lebih kecil daripada yang
digunakan pada mobil normal. Pelek terbuat dari magnesium
alloy atau aluminium. Ban dapat mendukung kekuatan menikung
melebihi dari 2 G (20 m / s ²), tergantung pada rangka,
mesin, dan setelan motor.

Serupa dengan olahraga motor lainnya, ban gokart memiliki
jenis yang berbeda-beda untuk digunakan sesuai dengan
kondisi lintasan:

Ban Mulus / Slick, untuk cuaca kering. Di tingkat internasional
ban ini ada yang paling lembutp  
    $        keras.

Beberapa produsen ban mobil seperti Bridgestone, Dunlop atau
Maxxis, membuat ban untuk gokarts. Ada juga produsen ban
gokart spesifik, yang meliputi MG, MOJO, dan Vega. Ban Slick
gokart terdiri dari berbagai senyawa, dari yang sangat
lembut (maksimum grip) yang sangat keras (gokart hiburan
dan gokart sewaan, cengkeraman kurang tapi lebih awet).

Ban Hujan atau "ban basah", untuk keadaan basah. Mereka
beralur, terbuat dari senyawa lembut, dan lebih langsing
daripada ban slicks. Tidak semua kelas balap memungkinkan
ban hujan.

Ban Khusus, seperti ban berduri untuk kondisi es, atau "ban
potong" bercengkeraman tinggi untuk kondisi sirkuit tanah
liat. "ban potong" adalah ban slicks yang dimodifikasi
menggunakan mesin bubut untuk mengoptimalkan cengkraman.

* Kontrol luar








Go-karts yang digunakan dalam taman hiburan dapat dilengkapi
dengan kontrol elektronik tambahan seperti kecepatan jauh
limiters untuk membantu mempromosikan lingkungan operasi
yang lebih aman. Dalam hal terjadi kecelakaan atau lepas
kendali pembalap, trek petugas dari jarak jauh dapat
memperlambat atau menghentikan semua kendaraan di
lintasan melalui radio kontrol. Kontrol kecepatan
terpencil ini juga dapat digunakan untuk membatasi
pengendara muda untuk kecepatan operasi yang lambat,
sementara ras hanya terdiri dari orang dewasa
diperbolehkan kecepatan yang lebih tinggi. Kontrol
ini dapat diterapkan untuk kedua listrik dan mesin
pembakaran-karts.
Balapan Gokar

___________

Penutup
___________


Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!












________________________________________________________________
Cat :
Wiki Terjemahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar